• (0285)4417422
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Berita

Kecamatan Siwalan Mengikuti Tradisi Syawalan Gunungan Megono di Linggosari Pekalongan

Kecamatan Siwalan ikut berpartisipasi dan mengikuti "Tradisi Syawalan Gunungan Megono di Obyek Wisata Linggoasri, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (9/5/2022).

Perayaan Tradisi Syawalan Gunungan Megono dan hasil bumi usai Lebaran 2022 dilaksanakan kembali setelah dua tahun yang lalu dihentikan karena pandemi COVID-19. Berdasarkan kajian ilmiah dari Scrib.com, seperti namanya tradisi syawalan Megono ini meggunakan gunungan Megono yang merupakan makanan olahan nasi dengan gori atau serat nangka yang sudah diberi bumbu dan ditumis sehingga memiliki rasa yang gurih dan sedap. Acara Syawalan Megono Pekalongan juga dimeriahkan dengan adanya perlombaan hasil bumi yang nantinya diarak bersamaan dengan iringan beberapa kesenian kendang pecak dan rebana. Puncaknya, gunungan Megono dengan hasil bumi ini akan diperebutkan oleh warga.
Kecamatan Siwalan mempersembahkan hasil bumi berupa sawi, tomat, terong, kacang2an, serta hasil laut seperti udang dan ikan bandeng.


Kecamatan Siwalan dalam rangka "Kabupaten Pekalongan Bersholawat"

Kecamatan Siwalan -  Bupati Pekalongan Ibu Fadia A Rafiq dalam rangka mewujudkan Kabupaten Pekalongan yang Religius, Sejahtera, Adil dan Merata serta berakhlakul karimah menggagas untuk melaksanakan Kabupaten Pekalongan Bersholawat setiap malam rabu wage.

Kegiatan Kabupaten Pekalongan Bersholawat dilingkup Kecamatan Siwalan dilakukan di pendopo Kecamatan Siwalan, pertama kali di tanggal 28 Desember 2021.

Acara ini dihadiri oleh ASN Kecamatan Siwalan, Kepala Desa Se Kecamatan Siwalan, Forum Komando Kecamatan Siwalan serta Dinas Seatap di Kecamatan Siwalan.

Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan baik dan lancar.


Penilaian Lomba "Hatinya PKK" TP PKK Desa Siwalan Kecamatan Siwalan oleh Tim TP PKK Kabupaten Pekalongan

Siwalan - Lomba "Hatinya PKK" TP PKK Desa Siwalan dilakukan pada Jumat, 22 Oktober 2021.

Alhamdulillah Penilaian Lomba "HATINYA PKK" berjalan dengan baik dan lancar. Gerakan HATINYA PKK sendiri adalah singkatan dari Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman bersama Tim Penggerak PKK. Lomba HATINYA PKK Ini merupakan salah satu program unggulan dari Kelompok Kerja (POKJA III)  PKK seluruh Indonesia. Dimana melalui program ini Tim Penggerak PKK membina kader PKK serta masyarakat untuk dapat bergerak memanfaatkan halaman pekarangan rumahnya masing-masing,walaupun kecil dan minimalis, untuk diolah, diatur sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarganya. Disamping juga ditata menjadi cantik, asri dan menyejukkan mata dengan bunga dan tanaman hijau lainnya.


Penilaian Lomba "Tertib Administrasi" TP PKK Desa Mejasem Kecamatan Siwalan oleh Tim TP PKK Kabupaten Pekalongan

Mejasem- Penilaian Lomba Tertib Administrasi dilaksanakan pada Jumat, 22 Oktober 2021 berlokasi di Gedung Sekretariat TP PKK Desa Mejasem Kecamatan Siwalan.

Tim Penilai Lomba Tertib Administrasi sendiri dari Pengurus TP PKK Kabupaten Pekalongan. Alhamdulillah acara berjalan dengan baik dan lancar.

Tujuan dari penilaian Lomba Tertib Administrasi adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan 10 program pokok PKK di kecamatan dan kampung/kelurahan, yang dituangkan kedalam program-program kerja yang telah disusun setiap tahunnya. Dalam mendukung keberhasilan 10 Program Pokok PKK, Tertib administrasi menjadi salah satu kuncinya. Dengan administrasi yang tertib, teratur dan sesuai dengan ketentuan dapat berfungsi sebagai bahan evaluasi dan laporan bagi TP PKK di berbagai tingkatan.


© 2022 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan. All Rights Reserved.